Inilah cara cek keaslian emas yang bisa kamu praktekan di rumah


Inilah cara cek keaslian emas yang bisa kamu praktekan di rumah

Inilah 8 Cara Cek Keaslian Emas

Sebagai alat investasi yang paling banyak digemari orang seantero dunia, emas rentan dengan tindak kriminal, seperti penipuan, pencurian, dan dipakai sebagai alat untuk menawarkan investasi bodong. Untuk itu kamu harus tahu cara cek keaslian emas, tidak hanya untuk emas perhiasan namun juga emas batangan.

Sebab, baik emas batangan maupun emas perhiasan rawan dengan penipuan, termasuk penipuan atas kadar kemurnian dan berat emas. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui bagaimana cara cek keaslian emas yang kamu miliki. Dengan keahlian itu, maka celah kamu menjadi korban penipuan emas bakal semakin kecil.

Inilah cara cek keaslian emas yang bisa kamu praktekan di rumah

1. Cek sertifikat emas

Langkah mudah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek keaslian emas adalah dengan melihat sertifikatnya. Sertifikat keaslian emas akan selalu menyertai emas yang kamu beli, terutama emas Logam Mulia dari PT Antam.

Untuk mengetahui bahwa sertifikat emas Antam asli, kamu harus bisa mengenali ciri-cirinya. Antara lain, jika diletakkan di bawah sinar ultra violet akan ada strip-strip / garis-garis minor warna warni seperti layaknya uang kertas.

Akan terlihat blok berwarna hijau di setiap deskripsi detil sertifikat. Pastikan juga logo watermark perusahaan pencetak sertifikat.

Di dalam sertifikat kamu akan menemukan alamat resmi Unit Pemurnian Logam Mulia, tingkat kemurnian emas, berat emas dalam gram, dimensi ukuran pecahan emas dalam millimeter, dan kode seri pada emas logam mulia. Kode seri tidak ada untuk pecahan 1 gram hingga 5 gram dan hanya pada pecahan 10 gram.

2. Cek keaslian emas dengan digigit

Kamu pasti sering melihat film-film koboi jaman dulu yang mengecek keaslian emas dengan digigit. Sebenarnya trik itu bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah emas yang kamu miliki memiliki tingkat kemurnian yang baik.

Seperti kamu ketahui emas adalah logam yang memiliki sifat unik. Semakin tinggi atau semakin murni emas, maka akan semakin lunak logam tersebut. Jika kemudian kamu menggigit emas dan ada bekas gigitan yang tertinggal, maka kemungkinan besar emas itu adalah asli atau memiliki tingkat kemurnian yang tinggi.

Namun cara ini tidak bisa kamu pakai untuk emas perhiasan, sebab emas perhiasan biasanya sudah dicampur dengan logam lain seperti perak dan tembaga. Pencampuran emas dan logam lain dilakukan untuk mempertahankan tingkat ketahanan emas. Oleh karena itu jika kamu menggigit emas perhiasan atau emas palsu dengan campuran logam, tidak akan ada bekas apapun ketika digigit.

3. Perhatikan fisik emas

Untuk jenis emas batangan, biasanya memiliki cici-ciri yang bisa dikenali. Salah satunya adalah cap yang menandakan kadar kemurnian emas. Satuan kadar kemurnian emas yang lazim dipakai adalah karat.

Karat menunjukkan tingkat keaslian emas atau jumlah kandungan kemurnian emas. Kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Jadi emas dengan kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya 23/24 X 100% atau sekitar 95,8%. Jika kamu memiliki emas 23 karat seberat 10 gram, maka kandungan emas murninya 23/24 x 10 gram sama dengan 9,58 gram.

4. Cek kemurnian emas dengan menggunakan magnet

Selain memiliki sifat unik, yaitu lunak jika memiliki kadar kemurnian tinggi, emas juga memiliki sifat nonmagnetic. Dengan sifat itu maka emas murni tidak akan bisa ditarik oleh magnet.

Untuk menguji tingkat kemurnian emas, kamu bisa menggunakkan magnet berkekuatan besar. Jika emas tersebut tertarik oleh magnet, maka emas itu palsu. Namun perlu kamu ketahui, cara ini bisa mudah diakali karena banyak logam lain yang bersifat non-magnetik.

5. Cek dengan menggosokan emas pada keramik atau kertas

Cara ini banyak direkomendasikan untuk mengetahui keaslian emas. Emas asli tidak akan meninggalkan jejak jika digoreskan pada kertas atau keramik. Berbeda dengan jenis logam lain yang akan meninggalkan bekas.
6. Cek dengan zat kimia

Kamu harus melakukan effort lebih untuk melakukan uji ini dan biasanya dilakukan di tempat-tempat khusus. Cara ini dilakukan dengan uji gosok pada batu kemudian ditetesi zat kimia berupa asam nitrat dan asam klorida.
7. Pengujian berat jenis

Emas memiliki berat jenis yang besar karena memiliki tingkat kepadatan yang tinggi. Kamu bisa mengujinya dengan menggunakan wadah air dengan takaran milliliter. Masukkan emas dan lihat perbedaan air sebelum dan sesudah. Gunakan rumus perhitungan kepadatan yaitu massa dibagi volume. Semakin tinggi tingkat kepadatannya, maka semakin murni emas yang kamu miliki.
8. Pengujian dengan Gold Tester

Alat ini bisa mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan, alat ini mudah digunakan namun tidak bisa mendeteksi bagian dalamnya.

0 Response to "Inilah cara cek keaslian emas yang bisa kamu praktekan di rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel