Kucing Memang Jago Memanjat Tapi Sering Tak Bisa Turun dari Pohon, Kenapa?


Kucing Memang Jago Memanjat Tapi Sering Tak Bisa Turun dari Pohon, Kenapa?

Selain menggemaskan, kucing juga kerap bikin kesal karena tingkah lakunya: naik ke atas pohon atau atap rumah lalu tidak bisa turun. Sering kali petugas pemadam kebakaran harus turun tangan untuk menyelamatkan kucing-kucing yang terjebak di atas pohon atau atap rumah.

​Pernah mengalami kucing Anda tidak bisa turun dari atas pohon atau genteng?. Apa sebenarnya yang terjadi pada kucing, mengapa mereka sering sekali terjebak di ketinggian dan tidak bisa turun?

Dilansir PetMD, Katenna Jones, seorang ahli perilaku hewan sekaligus konsultan perilaku kucing bersertifikat mengatakan kucing adalah spesies yang menarik dari perspektif perilaku karena mereka bisa menjadi pemangsa makhluk kecil, sekaligus rentan terhadap hewan yang ukurannya lebih besar dari dia.

Kucing bisa menjadi pemburu yang sangat terampil, tanpa sadar dia bisa memanjat sebatang pohon untuk mengejar mangsanya tanpa menyadari bahaya yang dia hadapi: ketinggian. 
“Kucing juga sering ke ketinggian ketika mereka merasa terancam. Jadi jika seekor kucing merasa hidupnya dalam bahaya, ia kemungkinan besar akan menaiki pohon yang menawarkan titik aman dan menguntungkan,” kata Katenna Jones seperti dilansir PetMD.

Dari Sofa pun Kucing akan Melompat

Alasan lain kucing memanjat pohon bisa juga karena dia merasa hal itu menyenangkan untuk dilakukan. Menurut Jones, memang banyak alasan kucing memanjat pohon atau naik ke atap rumah. Bagi seekor kucing, memanjat pohon juga bukan perkara sulit. Cakarnya yang runcing adalah alat yang ideal untuk kucing bisa memanjat pohon. Tapi setelah mereka naik ke ketinggian, mereka baru sadar bahwa turun ternyata jauh lebih sulit untuk dilakukan.
“Seekor kucing di pohon mungkin kesulitan mengoordinasikan kaki belakang dan kaki depannya ketika mereka mencoba untuk mundur. Karena itu bukan gerakan yang biasa dilakukan kucing,” kata Susan Bulanda, seorang etolog anjing dan kucing yang tinggal di Maryland.

Ketika di ketinggian, sebagian besar kucing akan melompat untuk turun, alih-alih turun perlahan seperti ketika dia memanjat.“Ketika kucingmu memanjat sofa, apakah ia turun? Atau apakah dia melompat? Hampir selalu, saya akan mengatakan melompat. Ketika kucing memanjat pohon, seringkali terlalu tinggi untuk melompat turun dan itulah sebabnya mereka terjebak,” tambah Bulanda.
Myrna Milani, seorang dokter hewan dari Charlestown, New Hampshire mengatakan bahwa kucing yang biasa di dalam ruangan memiliki risiko lebih besar terjebak di atas pohon atau atap rumah ketika mereka berhasil keluar. Sebab, kendati selalu di dalam rumah, tetapi mereka tetap lihai memanjat. “Kucing-kucing ini berada pada posisi yang sangat tidak menguntungkan ketika harus turun dari pohon. Jika mereka takut, mereka bisa memanjat tanpa banyak masalah, tetapi untuk turun hampir tidak mungkin,” tambahnya.
Jangan Panik dan Pancing dengan Makanan
Bagi Milani, meminta bantuan pemerintah dengan memanggil petugas pemadam kebakaran untuk menyelamatkan kucing yang terjebak di atas pohon adalah reaksi yang berlebihan. Ketika kucing terjebak di atas pohon, hal pertama yang harus dilakukan sang pemilik adalah tetap tenang. “Tetap tenang dan santai, supaya kucingmu tidak semakin panik,” kata Milani.
Dalam situasi tertentu, sebenarnya bisa saja kucing melompat dan turun, tapi karena alasan tertentu dia enggan melakukannya. Cara yang bisa dilakukan untuk membuat kucing tersebut turun adalah dengan mengeluarkan beberapa makanan favoritnya. Aroma makanan kucing bisa membantumu membujuk kucing tersebut untuk turun dari pohon.


“Sering kali ini akan berisiko menarik hewan lain, jadi jika kamu menggunakan cara ini, saya menyarankan kamu tetap di bawah pohon di dekat makanan. Bawalah buku dan santai saja, karena itu akan menunjukkan kepada kucingmu bahwa tidak apa-apa untuk turun,” lanjut Milani.
Opsi lain yang bisa dilakukan adalah menjemputnya dengan ikut memanjat ke pohon tempat kucingmu terjebak. Namun pastikan kalau kamu memang bisa memanjat, supaya lebih aman jangan lakukan hal ini sendirin. Sebisa mungkin ada minimal satu orang lain di bawah, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan dia bisa segera mencari bantuan.

Jones mengatakan, opsi ini sebaiknya dilakukan jika kucing yang terjebak relatif tenang dan dilakukan oleh seseorang yang sudah dikenal oleh kucing tersebut. “Orang asing mungkin akan membuat kucing takut dan membawanya ke dalam situasi yang lebih berbahaya,” Jones. ​


0 Response to "Kucing Memang Jago Memanjat Tapi Sering Tak Bisa Turun dari Pohon, Kenapa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel