Bens Leo Soroti Lagu Keke Bukan Boneka Yang Lagi Viral, Kasus Kekeyi Sama Kayak Geng Halilintar


Bens Leo Soroti Lagu Keke Bukan Boneka Yang Lagi Viral, Kasus Kekeyi Sama Kayak Geng Halilintar

Kapanlagi.com - Lagu Keke Bukan Bonekayang disebut sebagai ciptaan Kekeyi jadi viral karena  kemiripannya dengan lagu Novi Umar dengan judul mirip, Aku Bukan Boneka. Menanggapi permasalahan ini, Bens Leo selaku pengamat musik buka suara.

Menurut Bens Leo, kemiripan antara lagu Kekeyi dengan karya Novi Umar yang dipopulerkan oleh Rinni Wulandari ini bisa digolongkan sebagai pelanggaran undang-undang hak cipta. Kasus serupa juga pernah dialami oleh Atta Halilintar dan keluarga yang berakhir dengan tuntutan dari pihak Nagaswara.
"Wah itu setahu saya kalau nilai rupiahnya itu M lah. Bisa M. Karena seperti terjadi pada gengnya Halilintar membawakan lagu yang direkam oleh Nagaswara, waktu itu kasusnya juga sama. Dia mengunggah lagu yang sudah rilis di pasaran tanpa seizin label rekamannya dan pada akhirnya dituntut sama Nagaswara hingga 5 M," ungkap Bens Leo saat ditemui pihak KapanLagi di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan (3/6/2020).

1. Somasi Pada Kekeyi

Berhubung Kekeyi tidak memiliki label, Bens Leo mengungkapkan bahwa somasi bisa ditujukan pada beauty vlogger asal Nganjuk ini secara perorangan. Ia menegaskan bahwa bukti-bukti yang ada sudah cukup kuat untuk maju ke jalur hukum.
"Kalau dia kebetulan dia menganggap dirinya personal, karena kebetulan yang selalu menjawab itu Kekeyi ini sendiri yang menjawab pertanyaan banyak netizen, maka kepada dia aja. Kalau tidak ada orang lain yang mewakili ya itu. Kalau ada lawyer serahkan pada lawyer itu. Dan usul saya kalau mau memakai lawyer, Novi Umar juga bisa melakukan hal yang sama. Tapi kalau tanpa lawyer juga ini sudah kuat sekali sebetulnya," tutur Leo.
"Jadi jangan lupa bahwa dalam UU Hak cipta itu adalah deliknya delik aduan. Jadi kalau itu tidak diadukan ke pihak terkait masalah-masalah pelanggaran hak cipta maka itu tidak ada yang turun tangan jadi harus dilaporkan dulu dengan demikian ada jawaban. Jadi kalau Rahmawati Kekeyi ini bertindak atas nama sendiri, ya layangkan aja somasi pada Kekeyi," sambungnya.


2. Usut Tuntas Agar Tidak Kebiasaan

Lebih lanjut, Bens Leo mengungkapkan harapannya agar pihak Sony mengusut kasus ini hingga tuntas agar tidak menjadi kebiasaan buruk di kalangan influencer. Menurutnya, masalah yang terkait pelanggaran hak cipta ini sebenarnya tergolong besar dan harus diwaspadai.
"Jadi tidak kecil ini sebetulnya, jadi hati-hati. Kenapa saya mengusulkan ini ke pengadilan, jadi jangan berhenti di tengah jalan karena terus terang ini akan menjadikan kebiasaan yang positif bagi para youtuber, terutama youtuber. Sekarang ini kan lagi trend orang mengcover lagu orang lain, celakanya itu tanpa seizin penciptanya, dan inilah yang menjadi bagian pelanggaran hak cipta," pungkasnya.


Sumber:https://m.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/bens-leo-soroti-lagu-keke-bukan-boneka-yang-lagi-viral-kasus-kekeyi-sama-kayak-geng-halilintar-117dda.html?utm_source=fb&utm_medium=Post&utm_campaign=fb__adie

0 Response to "Bens Leo Soroti Lagu Keke Bukan Boneka Yang Lagi Viral, Kasus Kekeyi Sama Kayak Geng Halilintar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel